Minggu, 16 Oktober 2011

Gambaran Akhlaq Rosulullah saw

Rasulullah adalah orang yang paling lembut, pemurah dan dermawan.
Beliau biasa memperbaiki terompahnya sendiri, menjahit pakaiannya sendiri dan memenuhi kebutuhan keluarganya sendiri.
Beliau lebih malu dari pada anak gadis di tempat pingitannya.
Beliau biasa memenuhi undangan hamba sahaya, menjenguk orang sakit, menggoncengkan orang di belakangnya, mau menerima hadiah dan enggan menerima sedekah. Dan beliau tidak pernah kenyang selama 3 hari berturut-turut.
Terkadang beliau mengganjal perutnya dengan batu karena lapar.
Memakan makanan yang dihidangkan dan tidak pernah mencela sesuatu makanan.
Tidak makan sambil tidur, terlentang maupun bersandar. Dan beliau memakan makanan yang dekat dengannya.


Menggunakan pakaian yang ada, terkadang mantel yang bergaris dan terkadang terbuat dari wol.
Terkadang menunggang keledai, terkadang bighal, terkadang onta dan terkadang berjalan kaki tanpa menggunakan alas.
Menyukai bau harum membenci bau tidak sedap.
Memuliakan orang yang memiliki keutamaan dan menempatkan orang yang mulia.
Tidak kasar terhadap seseorang pun dan suka memberi manfaat kepada orang yang meminta maaf.
Suka bercanda tapi tidak mengatakan kecuali yang benar, tersenyum tanpa mengeluarkan suara yang berbahak. Tidak ada waktu yang terlewatkan oleh nya kecuali diisi dengan amal karena Allah atau hal-hal untuk keperluannya sendiri.
Tak pernah mengutuk wanita tanpa membantu.
Tak pernah memukul salah seorang dengan tangannya kecuali dalam jihad fii sabilillah.
Jika diberi pilihan tentang dua hal maka beliau pasti memilih yang lebih mudah dan ringan kecuali dalam perkara dosa atau memutuskan silaturahim maka beliau adalah yang paling jauh terhadapnya.
Diantara sifat beliau yang disebutkan di dalam Taurat adalah: “Muhammad adalah utusan Allah hamba pilihanku bukan orang yang keras bukan orang yang berperangai kasar tidak suka bersuara gaduh di pasar, tidak membalas keburukan dengan keburukan tetapi dia lapang dada dan suka memaafkan.”
Di antara akhlak beliau adalah terlebih dahulu memulai mengucapkan salam. Jika seseorang yang berhadapan dengan beliau ada keperluan maka beliau bersabar menunggunya hingga orang itulah yang beranjak dari hadapan beliau. Selagi bersalaman dengan seseorang maka beliau tidak melepaskannya sehingga dia melepaskan tangan beliau.
Lebih banyak diam dan sekali berbicara maka perkataan beliau tidak disampaikan dengan santai dan tidak berhenti akan tetapi dia berbicara dengan perlahan, pelan dan juga perlu akan mengulanginya agar bisa dipahami.
Tidak menghadapi seseorang dengan sesuatu yang membuatnya kurang suka.
Beliau adalah orang yang paling jujur perkataannya, paling lembut tabiatnya dan paling mulia pergaulannya. Siapa yang melihat beliau tentu akan merasa enggan dan barang siapa yang bergaul dengannya tentu akan jatuh cinta.
Beliau adalah seorang yang paling pemberani.
Rambut beliau berombak, tidak lurus, kaku dan tidak pula keriting. Rambut beliau menjulur hingga daun telinga.
Kening beliau lebar, alis beliau tipis memanjang, mata beliau lebar, bulu mata beliau panjang, hidung beliau mancung, jenggot beliau tebal, pundak beliau lebar, dada beliau bidang, permukaan perut dan dada beliau tampak sama, lengan beliau panjang, telapak tangan beliau lebih lembut dari pada sutera.
Siapa pun yang melihat keadaan beliau dan mendengar pengabaran-pengabaran beliau yang meliputi akhlak, perbuatan dan adzab dan tindak-tindak untuk kemaslahatan manusia niscaya berita dari langit dan kekuatan ilahi.
Adapun mu’jizat beliau yang paling agungdan yang paling nyata adalah Al-Qur’an Al-Karim yangb tidak mungkin seorang pun mampu mendatangkan yang semisal.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites